Fatchul Mu’in

Spektrum pemikiran

Larangan atau Anjuran?

Posted by fatchulfkip on October 24, 2008

Oleh Fatchul Mu’in

Kampus FKIP Unlam memasang pengumuman di segala sudut Kampus. Pengumuman itu dikemas dalam bingkai sangat bagus. Isinya : Mahasiswa menjadi sasaran tembak pengumuman itu. Mereka, menurut pengumuman itu, tidak diperkenankan, antara lain, berpakaian ketat, kedodoran, mengenakan jeans sobek-sobek, kaus oblong?, dan sandal. Di sisi lain, mahasiswa diharuskan menjada kebersihan: buang sampah pada tempatnya. Baguslah bila isi pengumuman itu dijadikan pedoman berperilaku di kampus atau bahkan di tempat lain.

Sebenarnya, hal serupa sudah ada beberapa lain lalu. Pengumuman tentang etika kampus juga banyak bergelantungan di dinding luar dan dalam ruang kelas di kampus FKIP Unlam. Butir-butir dalam pengumuman ini sangatlah bagus. Namun, dari waktu ke waktu sampai terpasangnya pengumuman baru tentang etika berperilaku di kampus, tidak ada perubahan siginifikan. Hanya pada awal-awalnya saja, ada teguran-teguran sporadis. Setelah itu, terhenti. Tidak ada sanksi bagi pelanggar etika. Pakaian ternyata tetap saja, bahkan semakin menggila. Banyak mahasiswi berpakaian seperti pergi mall saja. Kurang layaklah bila dilakukan di kampus.

Mestinya, adakan sosialisasi secara memadai kepada semua mahasiswa. Pasang pengumuman dirasa kurang cukup. Adakan razia tiap hari dalam satu bulan. Setelah itu dua kali seminggu. Lalu, seminggu sekali dan terakhir sebulan sekali. Kalau didapati mahasiswa melanggar, ya tentu mereka diberi sanksi. Minimal dipanggil oleh PD 3 guna diberi pengarahan, nasihat, dan sanksi moral lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: