Fatchul Mu’in

Spektrum pemikiran

Mengemis jadi sebuah profesi??

Posted by fatchulfkip on October 12, 2008

Rakyat Indonesia memang banyak yang miskin atau pura-pura miskin. Sebagian orang beranggapan bahwa mereka benar-benar miskin; sebagian yang lain menyatakan bahwa di antara mereka memang benar-benar miskin.

Sebagaimana disinyalir bahwa ada sejumlah orang yang memang berprofesi sebagai pengemis. Dari hasil mengemis (secara nominal melebehi gaji pengawai negeri, golongan IV sekalipun), mereka bisa bikin rumah, menyekolahkan anaknya hingga meraih gelar dokter, mampu beli sapi. Pendek kata, hasil mengemis bisa membuat mereka hidup layak.

Terhadap orang kategori di atas, bisa dikatakan bahwa sebenarnya mereka tidak miskin tapi memiskinkan diri. Nah, ketika ada si kaya bagi-bagi harta, mungkin mereka ini termasuk di dalamnya.

Dalam hal BLT, coba kita amati, mereka banyak yang terlihat sebagai orang yang mampu. Pakaian bagus, datang pakai kendaraan, dan ada yang bawa HP. Mereka masih ingin bantuan, yang semestinya untuk orang yang benar-benar miskin. Kebanyakan orang kita, banyak yang ingin hidup enak tanpa tak mau kerja keras. Maunya orang lain memberikan donasinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: